Selasa, 03 Juli 2012

INSTRUMEN OBSERVASI


INSTRUMEN OBSERVASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(SESUAI STANDAR PROSES)
Nama Guru yang diamati       :
Sekolah                                    :
Kelas/Semester                       :
Tanggal Pengamatan              :
Tema                                       :
Petunjuk:
Berikut ini disajikan poin-poin berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran. Berilah tanggapan sesuai dengan apa yang Anda amati, dengan member tanda cek (Ö) pada kolom pilihan.
Ketentuan (Ö) adalah sebagai berikut:
5 : dilakukan dengan sangat baik
4 : dilakukan dengan baik
3 : cukup dilakukan dengan baik
2 : kurang baik dilakukan
1 : tidak dilakukan
NO
KOMPONEN (URAIAN)
Skor
1
2
3
4
5
A
Kegiatan Pendahuluan
1
Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran





2
Guru melakukan kegiatan appersipsi (mengajikan pernyataan-pernyataan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan)





3
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan diajarkan





4
Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus





B

Kegiatan Inti
Eksplorasi
1
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topic/tema materi yang akan dipelajari dari berbagai sumber





2
Guru memilih dan menggunakan media dan suber belajar yang tepat.





3
Guru menggunakan metode yang tepat (mengacu kepada karakteristik materi dan siswa)





4
Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang lain





5
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya.





6
Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan





7
Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan






Elaborasi
1
Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna





2
Guru menfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru, baik secara lisan maupun tertulis





3
Guru memberikan kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut





4
Guru menfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan berkalaboratif





5
Guru menfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar





6
Guru menfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan, baik secara lisan maupun tertulis, secara individu maupun kelompok





7
Guru menfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individu maupun kelompok





8
Guru menfasilitasi peserta didik untk melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan





9
Guru menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik






Konfirmasi
1
Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik





2
Memberikan latihan pengembangan untuk mengaplikasikan hasil eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi





3
Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi daan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber





4
Guru memfasilitasipeserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan





5
Guru berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar





6
Guru membantu menyelesaikan masalah





7
Guru member acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi





8
Guru member informasi untuk bereksplorasi lebih jauh





9
Guru member motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif





C
Kegiatan Penutup
1
Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran





2
Memberikan latihan pengembangan untuk mengaplikasikan hasil eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi





3
Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram





4
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran





5
Guru memberikan tugas untuk diselesaikan di rumah





6
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas individual maupun kelompok, sesuai dengan hasil belajar peserta didik





7
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya







Komponen Umum





1
Sajian isi materi pembelajaran terorganisasi dengan tepat (mudah ke sulit, sederhana ke komplek, dsb)





2
Antusias siswa





3
Melaksanakan pembelajaran secara runtut dan/atau mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang direncanakan





4
Penggunaan waktu sesuai yang direncanakan





5
Menggunakan bahasa yang santun, komunikatif, baik dan benar.







Catatan tambahan











                                                           
……………………………, ……………………………….. 2010
                                                            Pengamat,

                                                            …………………………………………………..
                                                            NIP ……………………………………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar