INSTRUMEN OBSERVASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(SESUAI STANDAR PROSES)
Nama Guru yang diamati :
Sekolah :
Kelas/Semester :
Tanggal Pengamatan :
Tema :
Petunjuk:
Berikut ini disajikan poin-poin berkenaan dengan pelaksanaan pembelajaran. Berilah tanggapan sesuai dengan apa yang Anda amati, dengan member tanda cek (Ö) pada kolom pilihan.
Ketentuan (Ö) adalah sebagai berikut:
5 : dilakukan dengan sangat baik
4 : dilakukan dengan baik
3 : cukup dilakukan dengan baik
2 : kurang baik dilakukan
1 : tidak dilakukan
NO | KOMPONEN (URAIAN) | Skor | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||||||
A | Kegiatan Pendahuluan | ||||||||||
1 | Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran | | | | | | |||||
2 | Guru melakukan kegiatan appersipsi (mengajikan pernyataan-pernyataan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan diajarkan) | | | | | | |||||
3 | Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan diajarkan | | | | | | |||||
4 | Guru menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus | | | | | | |||||
B | Kegiatan Inti | ||||||||||
Eksplorasi | |||||||||||
1 | Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topic/tema materi yang akan dipelajari dari berbagai sumber | | | | | | |||||
2 | Guru memilih dan menggunakan media dan suber belajar yang tepat. | | | | | | |||||
3 | Guru menggunakan metode yang tepat (mengacu kepada karakteristik materi dan siswa) | | | | | | |||||
4 | Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang lain | | | | | | |||||
5 | Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya. | | | | | | |||||
6 | Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan | | | | | | |||||
7 | Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio atau lapangan | | | | | | |||||
| Elaborasi | ||||||||||
1 | Guru membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna | | | | | | |||||
2 | Guru menfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru, baik secara lisan maupun tertulis | | | | | | |||||
3 | Guru memberikan kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut | | | | | | |||||
4 | Guru menfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan berkalaboratif | | | | | | |||||
5 | Guru menfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar | | | | | | |||||
6 | Guru menfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan, baik secara lisan maupun tertulis, secara individu maupun kelompok | | | | | | |||||
7 | Guru menfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individu maupun kelompok | | | | | | |||||
8 | Guru menfasilitasi peserta didik untk melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan | | | | | | |||||
9 | Guru menfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik | | | | | | |||||
| Konfirmasi | ||||||||||
1 | Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik | | | | | | |||||
2 | Memberikan latihan pengembangan untuk mengaplikasikan hasil eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi | | | | | | |||||
3 | Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi daan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber | | | | | | |||||
4 | Guru memfasilitasipeserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan | | | | | | |||||
5 | Guru berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar | | | | | | |||||
6 | Guru membantu menyelesaikan masalah | | | | | | |||||
7 | Guru member acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi | | | | | | |||||
8 | Guru member informasi untuk bereksplorasi lebih jauh | | | | | | |||||
9 | Guru member motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif | | | | | | |||||
C | Kegiatan Penutup | ||||||||||
1 | Guru bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran | | | | | | |||||
2 | Memberikan latihan pengembangan untuk mengaplikasikan hasil eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi | | | | | | |||||
3 | Guru melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram | | | | | | |||||
4 | Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran | | | | | | |||||
5 | Guru memberikan tugas untuk diselesaikan di rumah | | | | | | |||||
6 | Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas individual maupun kelompok, sesuai dengan hasil belajar peserta didik | | | | | | |||||
7 | Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya | | | | | | |||||
| Komponen Umum | | | | | | |||||
1 | Sajian isi materi pembelajaran terorganisasi dengan tepat (mudah ke sulit, sederhana ke komplek, dsb) | | | | | | |||||
2 | Antusias siswa | | | | | | |||||
3 | Melaksanakan pembelajaran secara runtut dan/atau mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang direncanakan | | | | | | |||||
4 | Penggunaan waktu sesuai yang direncanakan | | | | | | |||||
5 | Menggunakan bahasa yang santun, komunikatif, baik dan benar. | | | | | | |||||
| Catatan tambahan | | | | | | |||||
……………………………, ……………………………….. 2010
Pengamat,
…………………………………………………..
NIP ……………………………………………..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar